Breaking News
recent

Listrik “Byar Pet” Salah Kita Juga (Part 2)

Artikel Sebelumnya..

Karakter yang awalnya hanya banyak menggunakan listrik untuk penerangan sehingga beban ada pada pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB sekaranga harus lebih produktif. Ketika malam hanya digunakan sebagai penerangan, alangkah baiknya saat matahari telah terbit dimulai untuk aktifitas produksi missal UKM atau yang lain sehingga pola kurva beban dapat berubah merata disemua waktu. Ini sedikit dari manajeman beban listrik.

Pada manajemen pembangkit dan energy listrik dikenal dengan adanya SSM (Supplay Side Management) yang menjamin kualitas dari pemasok listrik sendiri. NSM (Network Side Management) yang menjamin kualitas distribusi listrik itu sendiri, dan terakhir adalah DSM (Demand Side Management) sebagai manajemen pada sisi konsumen.

DSM mempunyai target yaitu optimalisasi dan effisiensi penggunaan listrik. Pada DSM diharapkan peran aktif konsumen terutama rumah tangga untuk benar-benar mengoptimalkan penggunna listriknya. Agar kurva puncak tidak lagi timpang bisa saja konsumen menggunakan strategi peak clipping, yaitu menurunkan penggunaan listrik pada saat beban puncak atau bahkan menggunakan strategi yang lebih baik yaitu strategi konsversi. Strategi ini misalnya menggunakan lampu LHE untuk menggantikan lampu pijar dimana perbedaan watt bisa mencapai 31 watt untuk mendapatkan lumen (pencahayaan) yang sama terang.

Listrik adalah energy, energy tak dapat diciptakan dan dihancurkan, hanya dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Sekarang, jika kita jor-joran menggunakan listrik maka alangkah lebih baiknya tahu bagaimana pusingnya memikirkan cara membangkitkan listrik. PLTA, PLTU, PLTG dan lain sebagainya. Kenaikan BBM yang langsung berdampak inflasi, pastinya akan berdampak jika para pejuang listrik tidak pintar-pintar mengatur manajemen pembangkit di Indonesia. Perlu sedikit diketahui di Indonesia pembangkit listrik masih banyak yang bergantung pada bahan bakar fosil/BBM. Sehingga apabila manajemen pembangkit tidak dapat sukses dilakukan maka Byar Pet pasti terjadi lagi.

Salah satu mengatasi Byar Pet, kita punya pembangkit sendiri. Oh, sungguh mahalnya? Jangan khawatir selain Diesel Generator setiap kWh dari pembangkit kita pasti dibeli oleh PLN. Ayo menggalakkan Renewable Energy. Kontrak pembangkit swasta dengan PLN dapat dicari digoogle dengan kata kunci kontrak kerja IPP dengan PLN. Penggunaan pembangkit sendiri di dunia ekonomi listrik dinamakan Captive Power.

Pusingnya Byar Pet dapat diatasi kalau kita sama-sama berjuang. PLN berjuang meningkatkan kapasitas pembangkit dan jalur transmisi dan distribusinya. Kita sebagai konsumen menggunakan secara effisien, optimal dan produktif. Beban listrik yang baik adalah beban yang rata disemua waktu sehingga PLN tak merugi, kita juga terjamin pasokan listriknya.

No comments:

Powered by Blogger.